Visi dan Misi

5/5 - (1 vote)



Kedudukan BBPPMPV BMTI

Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pendiriannya mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tugas :

  1. BBPPMPV BMTI memiliki tugas melaksanakan pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi dalam bidang mesin dan teknik industri.

Fungsi :

  1. penyusunan program pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi;
  2. pelaksanaan penjaminan mutu peserta didik, sarana prasarana, dan tata kelola pendidikan vokasi;
  3. pelaksanaan penyelarasan pendidikan vokasi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri;
  4. pelaksanaan fasilitasi dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan vokasi;
  5. pengelolaan data dan informasi;
  6. pelaksanaan kerjasama di bidang pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi;
  7. pelaksanaan evaluasi pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi; dan
  8. pelaksanaan urusan administrasi.

Tata Nilai BBPPMPV BMTI :

Aspek manusia merupakan tata nilai yang dianut dan disepakati oleh seluruh anggota organisasi yang harus dijadikan moto bagi seluruh anggota organisasi dalam bekerja dan berhubungan satu sama lainnya. Tata nilai yang telah dianut dan akan terus dipertahankan adalah moto “Bersih Melayani Taat Integritas”. Dalam rangka mencapai visi, BBPPMPV Mesin dan Teknik Industri telah sepakat menggunakan nilai-nilai lembaga yang mencakup akuntabilitas, kompetensi, harmoni, loyalitas, adaptasi, dan kolaborasi. Akuntabilitas mengharuskan BMTI bertanggung jawab dalam menyediakan data yang akurat dan dapat diandalkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Kompetensi mengharuskan pegawai BMTI memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni untuk memberikan pelayanan terbaik. Harmoni menekankan pentingnya kerja sama yang baik antarpegawai dan dengan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Loyalitas menuntut kesetiaan terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai ASN serta terhadap negara. Adaptasi menekankan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan perubahan iklim yang mempengaruhi pekerjaan BMTI. Kolaborasi melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga lain dan masyarakat, untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

BMTI harus bertanggung jawab dalam menyediakan data yang akurat dan dapat diandalkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Pegawai BMTI diharapkan memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidang mereka untuk memberikan pelayanan terbaik.

Kerja sama yang baik antarpegawai dan dengan masyarakat penting untuk mencapai tujuan bersama.

Kesetiaan terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai ASN serta terhadap negara.

Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan perubahan iklim yang mempengaruhi pekerjaan BMTI.

Kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga lain dan masyarakat, untuk mencapai tujuan yang lebih besar.


Views: 57