Menyemarakkan Pendidikan Vokasi dengan Inovasi dan Teknologi

Siswa SLBN Cicendo Kota Bandung, salah satu pengunjung yang mencoba Ship Simulator

Bandung, BBPPMPV BMTI – Suasana meriah dan antusiasme menyelimuti Sasana Budaya Ganesha ITB selama berlangsungnya Festival Pendidikan Jawa Barat 2024. Salah satu stand yang menarik perhatian para pengunjung dan menjadi sorotan utama dari festival ini adalah karya inovatif yang dipamerkan oleh stand BBPPMPV BMTI.

Di stand BBPPMPV BMTI, pengunjung disuguhkan dengan berbagai alat dan inovasi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Berbagai peralatan teknologi terbaru ditampilkan dengan tujuan memberikan gambaran nyata kepada para guru, siswa, dan pengunjung umum tentang kemajuan teknologi yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan vokasi. Berikut ini adalah beberapa alat dan inovasi yang dipamerkan di stand BBPPMPV BMTI.

Ship simulator, merupakan salah satu produk yang mengundang pengunjung pameran untuk mencoba. Alat ini merupakan media pembelajaran pada pendidikan vokasi di bidang maritim dan salah satu teknologi perkapalan yang diciptakan oleh widyaiswara BMTI. Pengunjung sangat tertarik untuk mencoba alat ini karena dapat mengendalikan kapal seolah-olah menjadi nakhoda yang sedang berlayar di lautan.

BBPPMPV BMTI tidak hanya menyajikan ship simulator saja di stand pameran. Robot Angklung (robang) turut pula dipamerkan.  Angklung, sebagai simbol budaya dan identitas bangsa, diperkenalkan ke dunia modern melalui robot mekanis yang mampu memainkan angklung secara otomatis. Alat ini mengintegrasikan teknologi robot dalam proses memainkan angklung.

Robot Angklung menjadi salah satu inovasi BBPPMPV BMTI yang tampil di stand pameran

Robot ini tidak hanya membantu melestarikan warisan budaya berupa alat musik tradisional, tetapi juga memperkenalkannya kepada generasi muda dengan cara yang menarik dan akrab dengan teknologi. Dengan menangkap gerakan pengunjung pameran yang berlalu lalang, robang memberikan sapaan “Wilujeng Sumping” pada tamu sekaligus menyanyikan beberapa lagu daerah dan nasional secara otomatis.

Mesin CNC untuk kayu merupakan inovasi yang signifikan dalam industri pengolahan kayu, membawa berbagai manfaat seperti presisi tinggi, efisiensi waktu dan biaya, fleksibilitas desain, pengurangan limbah, dan peningkatan keselamatan pekerja. Dengan aplikasi yang luas dalam pembuatan furnitur, dekorasi, pembuatan prototipe, dan banyak lagi, mesin CNC membuka peluang baru bagi inovasi dan kreativitas dalam pengolahan kayu. Teknologi ini tidak hanya mengubah cara kita bekerja dengan kayu, tetapi juga membantu melestarikan keterampilan pengolahan kayu dengan cara yang lebih modern dan efisien.

Salah satu staf BBPPMPV BMTI sedang menjelaskan proses kerja reaktor biodiesel kepada pengunjung pameran

Reaktor biodiesel merupakan inovasi penting dalam produksi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Dengan berbagai jenis reaktor seperti batch, kontinu, CSTR, dan PFR, teknologi ini menawarkan solusi untuk produksi biodiesel skala kecil hingga besar. Meskipun terdapat tantangan seperti kualitas bahan baku dan biaya produksi, manfaatnya yang meliputi pengurangan emisi, penggunaan sumber daya terbarukan, dan peningkatan ekonomi lokal menjadikan reaktor biodiesel sebagai komponen kunci dalam strategi energi berkelanjutan. Dengan pengembangan lebih lanjut dan adopsi teknologi yang tepat, reaktor biodiesel memiliki potensi besar untuk mendukung transisi menuju sumber energi yang lebih bersih dan terbarukan.

Sepeda motor listrik merupakan inovasi penting dalam dunia transportasi yang menawarkan banyak manfaat, termasuk ramah lingkungan, efisiensi energi, biaya operasional rendah, dan pengoperasian yang tenang. Meskipun ada tantangan seperti jarak tempuh terbatas dan infrastruktur pengisian yang belum memadai, perkembangan teknologi dan dukungan kebijakan terus mendorong adopsi sepeda motor listrik. Dengan prospek masa depan yang cerah, sepeda motor listrik memiliki potensi besar untuk menjadi bagian integral dari sistem transportasi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Panitia pameran BBPPMPV BMTI

Dengan berbagai kegiatan dan inovasi yang dipamerkan, stand BBPPMPV BMTI di Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 tidak hanya menampilkan kemajuan teknologi dalam pendidikan vokasi tetapi juga memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi para guru, siswa, dan pengunjung umum. Stand ini berhasil menunjukkan komitmen BBPPMPV BMTI dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia melalui inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Festival ini, dengan segala kemeriahannya, menjadi saksi nyata dari langkah-langkah konkret yang diambil untuk memajukan pendidikan vokasi, membekali generasi muda dengan keterampilan yang relevan, dan menghubungkan dunia pendidikan dengan industri secara lebih erat.*** (Penulis : Doni TP, Editor : Herna).

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud