BMTI Band Unjuk Bakat di Festival Pendidikan Jawa Barat 2024

Penampilan BMTI Band di Festival Pendidikan Jabar 2024

Bandung, BBPPMPV BMTI – Penyaluran bakat dan hobi di tempat kerja, memiliki banyak manfaat yang signifikan, baik bagi pegawai maupun bagi organisasi secara keseluruhan. Bakat dan hobi, seringkali melibatkan keterampilan kreatif yang dapat ditransfer ke tugas pekerjaan. Misalnya, bermain musik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, sedangkan olahraga dapat meningkatkan fokus dan disiplin. Pegawai yang terlibat dalam kegiatan yang disukai, cenderung lebih produktif dan inovatif saat bekerja.

BBPPMPV BMTI sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemendikbudristek, memiliki salah satu wadah penyaluran bakat dan hobi pegawainya yaitu grup BMTI Band. BMTI Band adalah grup musik yang beranggotakan 8 orang terdiri dari  Yudi Wahyuno sebagai manajer, Harry, Endah, Nabil, dan Astri sebagai vokalis. Heri Cahyadi memegang peran sebagai lead gitar, Pian Sopian sebagai bassist, dan Dedi sebagai drummer. Band ini dikenal karena kemampuannya untuk menyajikan beragam lagu dari genre pop, dengan penampilan yang selalu disesuaikan dengan audiens yang hadir.

Dalam rangka memeriahkan Festival Pendidikan Jawa Barat yang berlangsung dari 29 hingga 31 Mei 2024 di Sabuga ITB, BMTI Band tampil di hadapan para pengunjung acara. Khususnya dalam sesi Talk Show GELAR WICARA: Stop Kekerasan, Ciptakan Lingkungan Sekolah Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan, BMTI Band tampil sebagai pengiring acara,  menghadirkan lagu-lagu populer yang akrab di telinga masyarakat, seperti “Kita” dari Sheila on 7 dan lagu-lagu dari grup musik populer lainnya.

Selain itu, mereka juga kerap membawakan lagu “Pelajar Pancasila,” yang menjadi simbol semangat pendidikan di Indonesia. Dedikasi dan keahlian mereka dalam bermusik membuat setiap penampilan BMTI Band selalu dinantikan dan diapresiasi oleh banyak pihak. Tidak hanya menghibur, kehadiran BMTI Band dalam setiap acara juga menunjukkan harmoni antara tugas pelayanan dan hobi bermusik, mencerminkan keseimbangan yang sehat antara profesionalisme dan passion pribadi. BMTI Band adalah bukti bahwa di tengah kesibukan dan tanggung jawab, masih ada ruang untuk mengekspresikan diri dan berbagi kebahagiaan melalui musik.

Endah Yanuarti, salah satu vokalis BMTI Band ketika tampil di Festival Pendidikan Jabar 2024

Perjalanan dan Prestasi BMTI Band

Tak kenal maka tak sayang, begitu pula dengan BMTI Band ini. Di sela-sela kesibukan bekerja dan diawali dengan adanya hobi yang sama dalam bermusik, lahirlah TEDC Band yang memulai karirnya sejak nama BBPPMPV BMTI belum berubah (TTUC, PPPG Teknologi). Dulu, TTUC/ PPPG Teknologi berkantor di Jalan Dr. Roem yang kini telah menjadi Gedung Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Seiring perpindahan kantor BBPPMPV BMTI ke Jalan Pasantren, terjadi perubahan personil di tahun 1996 dengan inisiator Pian Sopian dengan peserta pelatihan, namun ini bersifat tentatif. Kemudian kekompakkan lebih meningkat lagi dengan terbentuknya tim yang terdiri dari Pian Sopian, Hendra Wiriadipura (melodi), dan Santo (drummer).

BMTI Band, sebelumnya dikenal sebagai TEDC Band, telah mengalami banyak perubahan sejak awal terbentuknya. Akhirnya, pada tahun 2004, personil band ini membentuk tim baru yang terdiri dari lima orang yaitu Budi Jaka Praceka (keyboard), Heri Cahyadi (lead guitar), Sutandi (bass), Yudi Wahyuno (drum), dan Harry Suryahadi (vokal).

Pada tahun 2008, TEDC Band mengalami perubahan personil lagi. Formasi baru terdiri dari Hery Cahyadi tetap pada lead guitar, Yudi Wahyuno pada drum, Pian Sopian menggantikan Sutandi pada bass, Budi Jaka tetap pada keyboard, dan Harry Suryahadi masih sebagai vokalis.

Pada tahun 2012, Budi Jaka memutuskan untuk berhenti dari band. Posisi vokalis kemudian diperkuat dengan tambahan Deden Sugiharto. Formasi saat itu adalah Hery Cahyadi (gitar), Pian Sopian (bass), Yudi Wahyuno (drum), dan Harry Suryahadi bersama Deden Sugiharto sebagai vokalis.

Personil BMTI Band 2024

Tahun 2020 membawa perubahan lagi bagi band ini. Formasi terbaru terdiri dari Heri Cahyadi pada gitar, Pian Sopian pada bass, Agus (Otoy) pada drum, dan Deden Sugiharto serta Harry Suryahadi sebagai vokalis. Pada tahun yang sama, BMTI Band meraih juara ketiga dalam Lomba Lagu Religi yang diadakan oleh Kemendikbud.

Pada tanggal 18 Mei 2021, bertepatan dengan acara halal bihalal dengan Mendikbudristek RI, band ini secara resmi mengubah nama mereka menjadi BMTI Band. Tahun berikutnya, vokalis Endah Yanuarti bergabung, menambah kekuatan vokal pada BMTI Band.

BMTI Band tampil di Mahakarya Godbless

Tahun 2023, BMTI Band turut serta dalam acara festival band yang diadakan oleh Kemendikbudristek. Pada tahun 2024, band ini mendapat kehormatan menjadi band pembuka dalam acara Mahakarya Godbless, bersama Idgitaf, yang semakin mengukuhkan posisi mereka di dunia musik tanah air. Sebagai band plat merah, BMTI Band mendapat penghargaan Juara II lomba Band Dies Natalis I Dirjen Vokasi Kemendikbudristek.

Dengan perjalanan yang panjang dan berbagai perubahan formasi, BMTI Band terus menunjukkan dedikasi dan semangatnya dalam bermusik, serta meraih berbagai prestasi yang membanggakan.*** (Penulis : Doni TP, Editor : Herna).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud