Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 Menguatkan Komitmen Merdeka Belajar Berkelanjutan

Plh. Kadisdik Provinsi Jawa Barat beserta beberapa kepala UPT menabuh kendang sebagai simbol dibukanya kegiatan secara resmi

Bandung, BBPPMPV BMTI – Dalam rangka menyemarakkan bulan Merdeka Belajar dan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT), LLDIKTI, PTN, dan PTS Kemendikbudristek berkolaborasi untuk menyelenggarakan Festival Pendidikan Jawa Barat pada tanggal 29 hingga 31 Mei 2024 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung. Adapun tema peringatan Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.”

BBPPMPV BMTI sebagai salah satu UPT di bawah Kemendikbudristek yang berada di Jawa Barat, berpartisipasi aktif dalam acara ini. Acara terwujud dengan adanya kolaborasi dengan 10 UPT lainnya yang terdiri dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Jawa Barat, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar), Balai Bahasa Jawa Barat, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX, SEAMEO Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL), SEAMEO Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science (SEAQIS), dan Centre Of Early Childhood Care Education and Parenting (CECCEP).

Selain sebelas UPT dan Satker, termasuk BBPPMPV BMTI, acara ini juga melibatkan berbagai Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, dan Komunitas. Sinergitas antar lembaga pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam rangka keberlanjutan merdeka belajar. Kolaborasi antara guru, yayasan, dan instansi pendidikan dapat mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka.

Plh. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Kepala BBPMP Jabar berkeliling mengunjungi stand pameran

Festival Pendidikan Jawa Barat menampilkan 83 stand pameran dan berbagai layanan bagi insan pendidikan dan masyarakat, inovasi dari 11 UPT, perguruan tinggi, dinas pendidikan provinsi, 27 dinas pendidikan kabupaten/kota, dan Indonesiana TV. Selain pameran dan layanan, terdapat 37 kegiatan dalam Festival Pendidikan Jawa Barat seperti Talkshow Menggali Potensi bersama Puteri Indonesia, seminar, simposium, bincang edukasi “Stop Kekerasan”, Symposium Science, Technology, Engineering, and Math (STEM), Bincang Bersama Vokasi, Talkshow Mindful Parenting, Talkshow Festival Kurikulum Merdeka, hingga Donor Darah.

Sambutan dari Plh. Kadisdik Provinsi Jawa Barat

Acara dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Mochamad Ade Afriandi. Dalam sambutannya, Ade menyampaikan bahwa Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 dapat memperkuat komitmen seluruh pihak di bidang pendidikan di Provinsi Jawa Barat. “Acara ini juga bertujuan untuk mendekatkan layanan UPT dan Satuan Kerja di Wilayah Jawa Barat kepada masyarakat sekaligus meningkatkan potensi pendidikan, tidak hanya sebagai proses pembelajaran konvensional namun juga sebagai wujud inovasi di setiap lembaga yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek di lingkungan Jawa Barat,” ujarnya.

Sambutan dari Kepala BBPMP Jabar

Selanjutnya, Kepala BBPMP Jabar sekaligus koordinator UPT Mendikbudristek Jabar, Dra. Sri Wahyuni, M.Pd., menyampaikan bahwa Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 menjadi wadah penting untuk mensosialisasikan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar sesuai dengan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Acara ini bertujuan untuk memperkokoh ekosistem pendidikan dan kebudayaan, serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar di Provinsi Jawa Barat.

Melalui penyelenggaraan Festival Pendidikan Jawa Barat 2024, diharapkan seluruh insan pendidikan di Provinsi Jawa Barat dapat memperkuat komitmen mereka terhadap pentingnya dan strategisnya peran pendidikan dalam membangun peradaban serta daya saing bangsa. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mendekatkan layanan-layanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Satuan Kerja Wilayah Jawa Barat kepada publik, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai layanan pendidikan yang tersedia.

”Acara ini merupakan langkah konkret dalam mengintegrasikan berbagai elemen pendidikan dan kebudayaan guna menciptakan sinergi yang kuat dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar. Dengan kolaborasi yang solid antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud ekosistem pendidikan yang lebih dinamis, inovatif, dan inklusif, ” pungkas Sri. ***  (Penulis : Doni TP, Editor : Herna).

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud