Pembukaan Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Di era teknologi yang terus berkembang dan tuntutan pasar tenaga kerja yang semakin kompleks, pendidikan menjadi kunci untuk mempersiapkan individu demi meraih masa depan yang sukses. Untuk itu, pelatihan upskilling dan reskilling menjadi semakin penting, terutama bagi para guru SMK yang bertanggung jawab membimbing siswanya. Tidak hanya berguna bagi guru SMK, pelatihan peningkatan kompetensi juga sangat diperlukan oleh instruktur Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) sebagai salah satu komponen SDM yang bergerak di bidang vokasi.

Dalam rangka mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui satuan kerja Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) kembali menyelenggarakan program peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Vokasi. Program pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV BMTI, Wanto, S.T., M.Eng. di Bale Binangkit, Selasa (23/04/2024).

Pembukaan pelatihan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Wanto, S.T., M.Eng.

Program peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh BBPPMPV BMTI adalah pelatihan upskilling dan reskilling bagi guru SMK berstandar industri (2 kelas) dan pelatihan  bagi instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) 1 kelas. Pelatihan bagi guru SMK terdiri dari Pembuatan dan Pengoperasian Instalasi Reaktor Biodiesel serta Pengoperasian Mesin Bubut dan Frais. Sedangkan bagi instruktur LKP, pelatihan yang digelar adalah Pengelasan Flux Cored Arc Welding (FCAW). Masing-masing pelatihan diikuti oleh 16 orang dan total 48 orang.

Kedua pelatihan upskilling dan reskilling memiliki pola kegiatan yang sama yaitu pembelajaran tatap muka di BBPPMPV BMTI yang setara dengan 120 JP. Periodenya adalah mulai tanggal 23 April hingga 7 Mei 2024. Setelah itu, diadakan uji kompetensi selama 2 hari pada tanggal 8 s.d. 11 Mei 2024. Peserta pelatihan akan melakukan magang di industri selama 5 hari mulai tanggal 13 s.d. 17 Mei 2024.

Dengan adanya magang di industri, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswanya terutama dalam persiapan untuk memasuki dunia kerja.

Pelatihan bagi instruktur LKP memiliki pola kegiatan yang sedikit berbeda dengan pelatihan upskilling dan reskilling. Pelatihan ini dilaksanakan dengan pembelajaran tatap muka setara dengan 100 JP pada periode 23 April s.d. 4 Mei 2024 dan diakhiri dengan uji kompetensi peserta selama 2 hari pada tanggal 6 s.d. 7 Mei 2024.

Setelah mengikuti program pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami seluruh materi pelatihan dan dapat mengimplementasikannya di satuan pendidikan masing-masing (SMK dan LKP). Hal ini lebih spesifik disampaikan oleh Wanto, S.T., M.Eng. dalam sambutan pembukaan pelatihan. “Saya berharap agar  peserta pelatihan ini dapat membuka wawasan siswa SMK dan peserta kursus tentang dunia kerja. Beri mereka wawasan tentang bisa bekerja di mana dan industrinya apa,” ujarnya.

Instruktur LKP dan guru SMK sama-sama berperan penting dalam memajukan dunia pendidikan vokasi. Khusus instruktur LKP, mereka memainkan peran penting dalam membantu peserta kursus atau pelatihan guna mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kemampuan dan kompetensi yang tepat, instruktur LKP dapat menjadi kunci keberhasilan peserta dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Secara umum, pembukaan pelatihan upskilling dan reskilling bagi guru SMK serta pelatihan peningkatan kompetensi bagi instruktur LKP, merupakan langkah awal yang penting dalam membangun masa depan pendidikan vokasional yang lebih unggul dan relevan. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang, para guru SMK maupun instruktur LKP siap untuk menghadapi tantangan masa depan dan mempersiapkan generasi muda untuk sukses dalam dunia kerja yang semakin kompleks.***(Penulis : Herna, Editor : Wanto).

Guru-guru SMK peserta pelatihan upskilling dan reskilling Pengoperasian Mesin Bubut dan Frais
Guru-guru SMK peserta pelatihan upskilling dan reskilling Pembuatan dan Pengoperasian Instalasi Reaktor Biodiesel
Instruktur LKP peserta pelatihan Pengelasan Flux Cored Arc Welding (FCAW)

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud