Evaluasi Zona Integritas WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal

Tim Auditor Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek bersama Tim ZI WBK/WBBM BBPPMPV BMTI

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Tim auditor dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbudristek melakukan Evaluasi Zona Integritas (ZI) WBK/WBBM dan melakukan verifikasi lapangan ke BBPPMPV BMTI pada 22 hingga 23 April 2024. Acara evaluasi dihadiri oleh Kabag Tata Usaha, Wanto, S.T., M.Eng. beserta tim  ZI WBK/WBBM BBPPMPV BMTI bertempat di Bale Binangkit. Tim auditor dipimpin oleh Auditor Ahli Utama, Candra Irawan sebagai Pengendali Mutu dan didampingi oleh 3 orang anggota yaitu R. Saptoadji Purwantoro, Ridwan, dan Cecep Egi R. Kusuma.

Evaluasi ZI WBK/WBBM oleh tim auditor Itjen Kemendikbudristek ini adalah proses penilaian dari Tim Penilai Internal (TPI) dan merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam proses pembangunan Zona Integritas. Hasil dari evaluasi oleh tim Itjen akan menentukan proses pengusulan BBPPMPV BMTI menuju WBBM ke Kementerian PAN RB.

Dikutip dari situs menpan.go.id., pembangunan zona integritas sejatinya bertujuan untuk membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Ada lima langkah strategi yang dapat menyukseskan terwujudnya zona integritas di sebuah instansi, yaitu komitmen, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi, serta manajemen media. Kemudahan pelayanan dapat diraih apabila semua pihak bersemangat dalam memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan keramahtamahan (hospitality). Selain itu, adanya program yang dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat akan meningkatkan kepercayaan publik. Hal ini dapat diwujudkan dengan membuat inovasi agar unit kerja lebih dekat dengan masyarakat sehingga dapat merasakan kehadiran unit kerja tersebut.

Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV BMTI, Wanto, S.T., M.Eng. menyambut baik dan menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran tim evaluasi dari Itjen. “Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi BBPPMPV BMTI untuk merefleksikan komitmen institusi terhadap prinsip-prinsip integritas, transparansi, dan akuntabilitas yang menjadi landasan utama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita,” ujarnya.

Wanto meyakini bahwa melalui penilaian zona integritas ini, institusi dapat memperoleh umpan balik yang berharga untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja organisasi. “Evaluasi ini tidak hanya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik, tetapi juga sebagai momentum untuk introspeksi dan perbaikan diri secara berkelanjutan,” tuturnya.

Kepala Bagian Tata Usaha memberikan penjelasan atas pertanyaan dari tim auditor

Paparan tentang pembangunan ZI WBK/WBBM disampaikan oleh Penanggung Jawab Reformasi Birokrasi Internal (RBI), Ipan Ilmansyah Hidayat, S.E. Dalam waktu selama kurang lebih 20 menit, Ipan memberikan gambaran singkat tentang capaian kinerja institusi, upaya penguatan di 6 area pengungkit, dan inovasi yang telah dibuat.

Dalam sesi dialog, tim auditor selalu mengingatkan dan menekankan  pada peningkatan/perbaikan fungsi layanan publik, yang mencakup evaluasi internal, pelatihan peningkatan kompetensi PTK, dan umpan balik dari pengguna layanan. Pada hari kedua (23/04/2024), tim auditor melakukan verifikasi lapangan dengan berkunjung ke unit kerja yang ada di BBPPMPV BMTI. ***(Penulis : Doni TP, Herna, Editor : Wanto).

Penanggung jawab RBI memaparkan pembangunan ZI WBK/WBBM di BBPPMPV BMTI
Pengendali mutu evaluasi ZI WBK/WBBM, Candra Irawan memberi tanggapan terhadap paparan
Penanggung jawab Area Penguatan Akuntabilitas, Estu Setiawati, S.E., M.Ak., menyampaikan klarifikasi data pada sesi dialog

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud