PELATIHAN DESAIN GRAFIS BAGI INSTRUKTUR LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP)

Dokumen Foto Penyampaian Materi Pengenalan LMS

CIMAHI, BBPPMPV BMTI Pada bulan Maret 2024, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) mengadakan pelatihan bagi instruktur LKP angkatan yang ke-2. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Wanto, S.T., M.Eng, yang dihadiri oleh Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan.

Dalam acara pembukaan pelatihan Penjab Program Keahlian Elektronika dan Informatika (ELIT), Fery Januar JE, S.Kom., M.T., menjelaskan fokus dari pelatihan bagi instruktur LKP ini, Tujuan utamanya a) Meningkatkan penguasaan teknis dan teknologi termutakhir yang dipergunakan di dunia kerja; b) Membiasakan instruktur dengan iklim dan budaya kerja di dunia kerja serta dapat mengimbaskan kepada instruktur lain serta peserta didik c) Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja terutama pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan profesional di bidang Desain Grafis.

Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 18 Maret hingga 3 April 2024 difasilitasi oleh Widyaiswara dan Instruktur BMTI ini mencakup materi dasar yang terdiri dari lima topik, yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka, Perubahan Pola Pikir, Kewirausahaan, Kepemimpinan, dan Pedagogik, dengan total durasi 10 JP. Untuk memastikan seluruh peserta meraih hasil optimal, panitia menyediakan fasilitas pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) yang dikembangkan oleh tim Pengembang Teknologi Pembelajaran BBPPMPV BMTI. Melalui LMS ini, peserta dapat mengeksplorasi materi pembelajaran, evaluasi, hingga tindakan nyata dan penilaian, termasuk kegiatan pasca pelatihan.

Foto Bersama Ketua Tim Kerja Fastingkom dengan Seluruh Peserta

Pelatihan ini difasilitasi oleh pengajar ahli dari Program Keahlian Elektronika dan Informatika (ELIT), yaitu Sutandi, ST., M.Pd., yang membahas topik Project-Based Learning dengan total 90 JP. Materi pelatihan mencakup tahapan persiapan pembuatan desain grafis yang meliputi pemahaman terhadap Prinsip Dasar Desain Grafis, yang membicarakan teori kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, irama, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang dasar dalam desain grafis.

Selain itu, pembahasan juga mencakup komposisi gambar dasar yang membahas teori komposisi simetris, asimetris, sentral, serta dasar-dasar menggambar seperti still life, isometri, dan perspektif. Prinsip Rancangan Visual juga menjadi topik utama, membahas konsep ilmu komunikasi yang diaplikasikan melalui visual dan elemen seperti warna, tipografi, dan gambar, termasuk hierarki, kesatuan, kontras, dominasi, ukuran, dan konsistensi. Raster dan Vektor juga dibahas, termasuk jenis file gambar digital dan perbedaannya. Materi Aplikasi Bitmap menitikberatkan pada penggunaan aplikasi bitmap/raster dalam pengolahan gambar digital, sementara Aplikasi Vektor memperkenalkan pemanfaatan aplikasi vektor dalam pengolahan gambar digital.

Selanjutnya Sutandi menjelaskan bahwa gambar digital yang sudah siap diproses melalui pemindaian digital yang digunakan untuk mentransfer desain ke perangkat pemindai dengan memanfaatkan scanner untuk mengubah gambar fisik menjadi format digital. Proses lainnya juga bisa dilakukan dengan cara fotografi yang menggabungkan seni dengan aspek teknis pengambilan gambar, seperti pencahayaan, resolusi, dan sudut pemotretan yang diperhatikan. Setelah foto dihasilkan, tahap Strategi Desain menjadi fokus berikutnya, di mana aspek estetika desain dibahas dengan tujuan agar produk yang dihasilkan memiliki nilai yang bermanfaat dalam konteks bisnis desain grafis.

Materi strategi desain diaplikasikan dalam Project Work yang membahas jenis file gambar digital beserta karakteristiknya melalui aplikasi bitmap/raster untuk pengolahan gambar digital. Proyek ini akan menghasilkan berbagai produk cetakan seperti kaos, gelas, pin, dan gantungan kunci, tutur Sutandi.

Sesi terakhir pelatihan mencakup materi Presentasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Peserta pelatihan mempresentasikan proyek yang telah mereka kerjakan selama pelatihan dan rencana tindak lanjutnya. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan uji kompetensi selama 2 hari dari Perusahaan METADIGI, yang materi ujinya meliputi Konsep Desain Grafis, Komposisi Gambar Dasar, Prinsip Rancangan Visual, Raster dan Vektor, Aplikasi Bitmap, Aplikasi Vektor, Pemindaian Digital, Fotografi, dan Strategi Desain yang diterapkan dalam project work untuk menghasilkan produk barang yang memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi.

Setelah mengikuti pelatihan selama 2 minggu, tibalah saatnya acara penutupan. Dalam penutupan disampaikan hasil evaluasi menyeluruh yang dilakukan oleh peserta, baik evaluasi hasil pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan maupun evaluasi penyelenggaraan pelatihan yang mencakup aspek akademik dan non akademik. Dalam suasana yang penuh khidmat tersebut, Ketua Tim Kerja Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi PTK, Erwin Danismaya, S.E.M.Ak. memberikan pesan kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan pelatihan ini agar senantiasa mengimplementasikan pembelajaran dan berkolaborasi dengan sesama peserta dalam berdiskusi, terutama terkait dengan desain grafis. Diharapkan kerja sama ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas di LKP/LPK masing-masing sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan program pelatihan.

Foto Penyerahan Sertifikat Terbaik I Saudara Achmad Fahrezi dari LPK Magfirah S4M Bengkulu

Setelah acara penutupan, Achmad Fahrezi dari LPK Magfirah S4M Bengkulu, yang meraih predikat peserta terbaik I, mengucapkan terima kasih atas kesempatan belajar di BBPPMPV BMTI. Fahrezi berkomitmen untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di BMTI dengan lebih lanjut mengembangkannya di LPK Magfirah S4M. Selaku instruktur di lembaga tersebut, Fahrezi merencanakan untuk segera menggelar pelatihan dalam waktu dekat, khususnya bagi lulusan SMA/SMK, dengan materi desain grafis yang terus ia gali dan kembangkan seiring perkembangan ilmu terkini. *** (Penulis Doni TP, Editor Erly/Erwin)

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud