Pembukaan Diklat bagi Guru SMK dan Instruktur LKP

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Dalam rangka mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui satuan kerja Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) kembali menyelenggarakan program peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Vokasi.

Adapun program peningkatan  kompetensi bagi guru SMK yang diselenggarakan adalah pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Kejuruan dan Matematika Terapan Berbasis Kejuruan. Masing-masing pelatihan diikuti oleh 20 orang guru SMK yang berasal dari 15 provinsi wilayah binaan BBPPMPV BMTI. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV BMTI, Wanto, S.T., M.Eng. di Bale Binangkit, Senin (18/03/2024).

Kedua pelatihan tersebut memiliki pola kegiatan yang sama yaitu pembelajaran di BBPPMPV BMTI dengan 100 JP dan periodenya adalah 18 hingga 31 Maret 2024. Sebelum dilakukan penutupan diklat, tepatnya pada tanggal 28 Maret, akan diselenggarakan kunjungan industri ke tempat yang telah ditentukan.

Satu lagi diklat yang dibuka di hari berikutnya yaitu pelatihan Desain Grafis bagi Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Selasa (19/03/2024). Diklat ini diikuti oleh 16 orang instruktur LKP yang berasal dari 11 provinsi. Diklat berlangsung pada periode 18 Maret hingga 3 April 2024. Polanya adalah 100 JP dan di akhir diklat diadakan uji kompetensi bagi peserta.

Dunia pendidikan vokasi terus berkembang dan berubah.  Guru-guru SMK dan Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai salah satu komponen SDM yang bergerak di bidang vokasi, tentunya perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperbarui untuk menghadapi tantangan-tantangan baru, seperti integrasi teknologi dalam pembelajaran, penilaian berbasis kompetensi, dan pembelajaran berbasis proyek. Oleh karena itulah, program peningkatan kompetensi ini diselenggarakan.

Harapan setelah mengikuti program pelatihan ini, yaitu peserta mampu memahami seluruh materi pelatihan dan dapat mengimplementasikannya di satuan pendidikan masing-masing (sekolah dan LKP).

Instruktur LKP dan guru SMK sama-sama berperan penting dalam memajukan dunia pendidikan vokasi. Khusus instruktur LKP, mereka memainkan peran penting dalam membantu peserta kursus atau pelatihan guna mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kemampuan dan kompetensi yang tepat, instruktur LKP dapat menjadi kunci keberhasilan peserta dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Diklat yang kebetulan bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1445 H ini tentunya menjadi momen berharga untuk bersatu dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Semangat untuk terus belajar dan berkembang, diharapkan akan membawa perubahan positif dalam persiapan generasi muda untuk masa depan yang lebih baik.***(Penulis : Herna, Editor : Wanto).

Guru-guru SMK peserta pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Kejuruan
Guru-guru SMK peserta pelatihan Matematika Terapan Berbasis Kejuruan
Instruktur LKP peserta pelatihan Desain Grafis

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud