BBPPMPV BMTI Menjadi Tuan Rumah PORSENI Kemdikbudristek 2024

Kick Off yang dilakukan oleh Bapak Iwan Syahril, Ph.D. sebagai tanda dimulainya Porseni 2024

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PDM) akan menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) pada tanggal 3 s.d. 8 Maret 2024, di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknologi Industri (BBPPMPV BMTI) sebagai tuan rumah. Acara yang dihadiri oleh delegasi dari pegawai Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) yang tersebar di 34 provinsi ini, dibuka oleh Bapak Iwan Syahril, Ph.D., selaku Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbudristek RI.

Dalam sambutannya, Iwan menjelaskan bahwa Porseni diadakan dengan tujuan: 1) mempererat hubungan sosial di antara para pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, khususnya di Direktorat Jenderal Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, 2) meningkatkan rasa persatuan di kalangan pegawai dan 3) sebagai wahana untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang olahraga dan seni. Dalam acara tahunan ini, tim yang meraih medali terbanyak dan dinyatakan sebagai sebagai juara umum akan mendapatkan penghargaan berupa piala bergilir Ditjen PDM Kemdikbudristek.

Selanjutnya, Iwan menjelaskan bahwa proses ini merupakan implementasi dari konsep sekolah sehat. Konsep tersebut mencakup aspek kesehatan fisik melalui partisipasi dalam kegiatan olahraga yang memicu keringat dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain itu, aspek kesehatan gizi diwujudkan melalui asupan makanan yang dikonsumsi oleh para pemain, serta menjaga kesehatan imunisasi. Kesehatan jiwa juga diperhatikan melalui kegiatan refreshing dan reuni antar pemain yang diadakan di antara jadwal kompetisi. Terakhir, menjaga kesehatan lingkungan dengan mempertahankan kebersihan area BBPPMPV BMTI melalui kebijakan pembuangan sampah yang tepat.

Foto bersama pejabat di lingkungan Ditjen PDM Kemdikbud

Bambang Hadi Waluyo, Kepala BBPMP Provinsi Jambi, selaku Ketua Penyelenggara Porseni Ditjen PDM melaporkan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk refreshing dan refleksi kegiatan yang telah dilakukan selama satu periode rencana strategis. Adapun Tema Porseni Ditjen PDM 2024 ini adalah : BAGIKAN KEBERSAMAAN DAN TUMBUHKAN PERSATUAN UNTUK LANJUTKAN MERDEKA BELAJAR. Porseni Ditjen PDM sebagai bagian dari pembentukan karakter sebagaimana Ki Hajar Dewantara yang menyatakan agar seorang manusia harus selalu meningkatkan kualitas melalui olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (estetika) dan olahraga (kinestetik).

Suasana saat pembukaan Porseni tahun 2024

Kegiatan Porseni ini dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu dan Vokasi Bidang Mesin dan Teknologi (BBPMPV BMTI) Cimahi Provinsi Jawa Barat. Diikuti oleh kontingen dari 34 Provinsi yang dibagi pada 11 cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan yaitu: 1) Tenis lapangan Ganda, 2) Bulutangkis Ganda Putra-Putri, 4) Tenis Meja Ganda Putra-Putri, 5) Mini Soccer Putra, 6) Renang putra, 7) Catur, 8) Senam Erobik kategori usia di atas 45 tahun dan Senam aerobik usia dibawah 45 th dan cabang lomba terakhir adalah menyanyi solo. Adapun jumlah peserta yang diundang adalah pegawai PDM sejumlah 568 kontingen putra dan 205 kontingen putri. Atlet-atlet ini akan berlaga sesuai jadwal dengan kategori cabang olahraga masing-masing di mulai hari Senin sampai Kamis mendatang dengan tempat perlombaan secara keseluruhan diselenggarakan di BBPPMPV BMTI.

Eksebisi atlit bulutangkis vs Ibu Pimpinan Direktorat Dasar dan Menengah

Sambil menutup laporan, Bambang menyampaikan lebih lanjut kepada peserta Porseni tahun 2024, setelah kegiatan riang gembira ini pegawai PDM lebih semangat karena sudah refreshing dengan perlombaan yang akan dijalankan nanti, akan meningkatkan motivasi pegawai Kemdikbudristek, khususnya Ditjen PDM. Selanjutnya pegawai dapat mengerjakan tugasnya dengan optimal dan mendapat hasil yang maksimal. Individu-individu yang sehat, kuat dan bahagia, menjadikan individu-individu tersebut mengerjakan tugas dengan optimal. *** (Penulis : Doni TP, Editor : Herna).

 

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud