PELATIHAN PERDANA PENGELASAN FLUX CORED ARC WELDING (FCAW) BAGI INSTRUKTUR LKP DI TAHUN 2024

Cimahi, 19 Februari 2024

Dokumen foto Praktek Welding Simulator

Kabar gembira bagi Guru dan instruktur yang bergerak di bidang Vokasi karena di pertengahan bulan Februari tahun 2024, BBPPMPV BMTI menggelar Program Upskilling dan Reskilling PTK Vokasi Berstandar Industri dan Program Peningkatan kompetensi PTK Vokasi bagi Guru Umum dan Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari 15 provinsi mitra BBPPMPV BMTI. Pembukaan pelatihan diselenggarakan di Balai Pancaniti dan dibuka langsung Plt. Kepala BBPPMPV BMTI, Bapak Saryadi, S.T., M.BA. Dalam sambutannya beliau memberikan arahan agar peserta program pelatihan dapat menjaga kesehatan dan tetap mempertahankan motivasi dalam mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan sebanyak mungkin selama mengikuti pelatihan. Selain itu, Plt. Kepala BBPPMPV BMTI juga mendorong peserta untuk menjadi teladan dalam menerapkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan budaya kerja industri ketika kembali mengabdi di sekolah atau instansi masing-masing. Jadikan budaya positif ini menjadi kebiasaan yang perlahan menjadi budaya sekolah, sehingga budaya industri dapat diterapkan di lingkungan sekolah dan memenuhi standar minimal pelayanan yang dibutuhkan, ujar beliau.

Selanjutnya Ketua Tim Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Erwin Danismaya, S.E.,M.Ak  dalam laporannya menyebutkan bahwa peserta yang diundang dalam program upskilling dan reskilling serta peningkatan kompetensi PTK Vokasi ini adalah Guru Kejuruan, Guru Umum, dan Instruktur LKP yang berasal dari 15 provinsi mitra yang telah mendapatkan undangan secara resmi dari BBPPMPV BMTI. Program Pelatihan yang dilaksanakan terdiri dari 19 kelas  Program Upskilling dan Reskilling PTK Vokasi Berstandar Industri, 2 kelas Program Peningkatan PTK Vokasi bagi Guru Umum, dan 1 kelas Peningkatan PTK Vokasi bagi Instruktur LKP. Dengan dimulainya program-program pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan instruktur dalam bidang kejuruan yang sejalan dengan tuntutan industri.

Foto Pembelajaran sebaya teori pengelasan FCAW

Pada saat yang sama Penanggung Jawab Progam Keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam Dr. phil. Moh Sanni Mufti Alamsyah mengatakan bahwa Peningkatan Kompetensi PTK Vokasi Pogram Keahlian Las dan Fabrikasi Logam Angkatan I di awal tahun 2024 ini merupakan program pelatihan yang tentunya sudah dinantikan oleh para instruktur LKP. Peningkatan Kompetensi PTK Vokasi melalui Pelatihan FCAW merupakan salah satu kelas khusus yang disediakan bagi instruktur LKP. Pelatihan ini dimulai pada 19 Februari 2024 dan berakhir pada 3 Maret 2024. Pelatihan yang berlangsung selama 2 minggu ini dengan durasi 100 jam pelajaran ini difasilitasi oleh Widyaiswara BBPPMPV BMTI yang berkolaborasi dengan instruktur dari industri dan dilanjutkan dengan ujian kompetensi dari BNSP.

Pelatihan FCAW ini bertujuan agar para instruktur LKP dapat memahami konsep dan perencanaan meliputi materi dasar perancangan pengelasan FCAW, manajemen produksi, serta praktik pengelasan FCAW pada pelat baja karbon dalam posisi fillet dan groove beserta pemeriksaan hasil pengelasannya. Selanjutnya Sanni menjelaskan juga bahwa peserta diberikan wawasan tentang Manajemen Resiko baik pada manusianya sebagai Welder, material ataupun lingkungan sekitar di mana mereka bekerja. Kemudian melakukan pengelasan FCAW dengan posisi fillet dan groove standar American Welding Society (AWS). Dari hasil pengelasan dapat dilakukan pemeriksaaan secara visual yang artinya dilakukan pemeriksaan visual pandangan mata telanjang dengan cara mengidentifikasi berbagai kegagalan hasil pengelasan yang mungkin ditemukan pada saat melakukan inspeksi pengelasan. Selanjutnya, dilakukan Pengujian Proyek yang membahas teknik inspeksi pengelasan menggunakan metode Destructive Testing (DT) dan Non-Destructive Testing (NDT).

Lebih lanjut Sanni menyampaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, peserta di berikan fasilitas pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) yang telah dikembangkan oleh tim Pengembang Teknologi Pembelajaran BMTI. Dari LMS ini peserta dapat mengekplorasi alur pembelajaran Merdeka dari materi, evaluasi diri sampai aksi nyata dan evaluasi kegiatan salah satunya postes. Kemudian peserta yang sudah menyelesaikan semua proses pembelajaran diberikan kesempatan untuk diuji kompetensinya dalam proses pengelasan FCAW plat. Mereka yang memenuhi kriteria (lulus) akan diberikan sertifikat kompetensi dengan logo garuda emas yang dikeluarkan oleh BNSP. Pada bagian akhir, peserta diharapkan untuk menyajikan Presentasi dan Rencana Tindak Lanjut sebagai bagian penutup kegiatan pelatihan dengan mengaplikasikan pembelajaran tersebut dalam kegiatan belajar mengajar di instansi atau lembaga pelatihan masing-masing. *** (Penulis : Doni TP, Editor : Erly).

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud