Rakor Program Upskilling dan Reskilling, Membuka Pintu Kolaborasi di Tahun 2024

Bandung, BBPPMPV BMTI – Pimpinan sejumlah 27 industri mitra dan 45 industri sebagai tempat magang, diundang untuk menghadiri kegiatan Rakor Program Upskilling dan Reskilling Pendidik dan Tenaga Kependidikan Vokasi Berstandar Industri Tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 5 s.d. 8 Februari 2024 bertempat di Hotel Aryaduta, Bandung. Selain dihadiri oleh pimpinan industri, para pengajar dari BBPPMPV BMTI, Kepala Bagian Tata Usaha, para ketua kelompok kerja, dan narasumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi turut hadir pada acara pembukaan yang digelar Senin (5/2/2024).

Rakor diselenggarakan sebagai persiapan pelatihan peningkatan kompetensi guru SMK atau program upskilling dan reskilling, yang menjadi landasan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Acara ini bukan hanya sekedar forum diskusi, tetapi juga merupakan jembatan yang menghubungkan antara para pengajar dengan pihak industri. Mereka berkumpul dalam rangka menciptakan sinergi yang diperlukan untuk mencapai pendidikan berkualitas dan relevan.

Adapun tujuan dari rakor ini adalah untuk menciptakan kesamaan persepsi tentang program upskilling dan reskilling, meningkatkan hubungan kerja sama, kemitraan, dan penyelarasan dengan dunia kerja, serta menyusun perangkat pelatihan yang tak lama lagi akan diselenggarakan.

Rakor dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi yang diwakili oleh Direktur SMK, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd. Pada acara pembukaan, Wardani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada industri yang hadir karena telah mendampingi dan mendukung pelaksanaan pelatihan upskilling reskilling selama tahun 2023. “Keterlibatan industri pada proses pelatihan sangat kami butuhkan,” ujarnya, “Ini bermanfaat supaya guru-guru terbiasa dengan budaya kerja di industri,” katanya. Wardani menekankan agar guru dapat mendesain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan pembelajaran berdiferensiasi.

“Upayakan agar ada sinkronisasi kurikulum. Pandu SMK supaya kompetensi lulusannya sesuai dengan harapan industri,” tutur Wardani di hadapan pimpinan industri. Selain itu, Wardani menyampaikan pula bahwa Direktorat SMK kini masih berproses mengembangkan model pembelajaran berbasis Teaching Factory (Tefa). Harapannya Tefa dapat menjadi tempat praktek kerja lapangan yang baik bagi para siswa SMK. Setelah lulus, siswa siap untuk bekerja di industri.

Direktur SMK membuka secara resmi rakor program upskilling dan reskilling PTK Vokasi berstandar industri tahun 2024

Plt. Kepala BBPPMPV BMTI, Saryadi, S.T., M.B.A. dalam sambutannya mengemukakan betapa pentingnya peran pendidikan vokasi dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM).  Menurutnya, Peraturan Presiden (Perpres) No. 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi merupakan tonggak monumental yang mengamanatkan kepada pemerintah, Dunia Usaha dan Industri (DUDI) untuk bersama-sama memikul tanggung jawab menyiapkan SDM tenaga kerja Indonesia yang berkualitas. “Kadin memiliki posisi strategis dalam mewujudkan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi yang berkualitas,” ujarnya, “Mewujudkan keselarasan antara SMK dan industri adalah faktor yang penting,” tegasnya.

Lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi yang berguna bagi dunia kerja

Menurutnya, perkembangan teknologi sangat cepat, sehingga SMK harus selalu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Kebaruan yang terdapat di DUDI diharapkan bisa masuk ke dunia pendidikan dan guru-guru perlu mengikutinya melalui program upskilling reskilling yang membekali guru dengan pengetahuan/skill terbaru. “Desain pelatihan harus memastikan agar kompetensi guru meningkat,” ujar Saryadi.

Salah seorang pimpinan industri yang hadir, Direktur Utama PT Inovindo Digital Media, Novi Setia Nurviat, menyambut baik pelatihan program upskilling dan reskilling yang bersinergi dengan industri. Menurutnya, sejak bergabung dan bermitra dengan BBPPMPV BMTI 4 tahun yang lalu, sudah banyak SMK yang ingin menjalin kerja sama. Perhatiannya terhadap dunia pendidikan vokasi sangat besar, terbukti dengan didirikannya Inovindo Academy yang bekerja sama dengan SMK dan bergerak dalam hal sinkronisasi kurikulum, menjadi guru tamu, Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa SMK, magang guru, uji kompetensi, Teaching Factory, dan rekrutmen lulusan SMK.

***(Penulis : Herna, Editor : Wanto).

Direktur Utama PT Inovindo Digital Media memiliki perhatian yang sangat besar pada kemajuan dunia pendidikan vokasi
Kolaborasi yang harmonis antara para pengajar pelatihan dari tim program keahlian Teknik Sipil dan Perencanaan BBPPMPV BMTI dengan pimpinan industri

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud