BBPPMPV BMTI Gelar Pembukaan Program Upskilling dan Reskilling bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Vokasi Berstandar Industri Angkatan 1 di Tahun 2024

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan hubungan kerja sama kemitraan serta penyelarasan dengan dunia kerja, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui satuan kerja Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) menyelenggarakan program upskilling dan reskilling bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Vokasi Berstandar Industri Angkatan 1. Program ini berlangsung pada periode 18 Februari s.d. 9 Maret 2024.

Saat ini, dunia industri terus berkembang pesat. Teknologi terbaru, perubahan dalam kebutuhan pasar, dan tren industri yang berkembang menjadi faktor penting dalam menentukan kurikulum dan metode pengajaran yang efektif. Untuk menjawab tantangan ini, guru kejuruan di SMK perlu dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan terbaru yang relevan dengan kebutuhan industri. Oleh karena itulah, program upskilling dan reskilling ini terwujud berkat kerja sama dengan pihak industri.

Sejumlah 316 peserta pelatihan antusias mengikuti acara pembukaan program yang digelar Senin, (19/02/2024). Sesditjen Pendidikan Vokasi yang merangkap sebagai plt. Kepala BBPPMPV BMTI, Saryadi, S.T., M.B.A. hadir membuka program tersebut di Bale Pancaniti. Bersamaan dengan itu, dibuka pula dua program pelatihan lainnya yaitu program peningkatan kompetensi PTK Vokasi dan program peningkatan kompetensi PTK Vokasi bagi Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Sesditjen Pendidikan Vokasi yang merangkap sebagai plt. Kepala BBPPMPV BMTI membuka secara resmi kegiatan pelatihan

Secara rinci, program Upskilling dan Reskilling bagi PTK Vokasi Berstandar Industri Angkatan 1 ada 16 pelatihan, terdiri dari :

  1. BIM Pemodelan Arsitektur Menggunakan Autodesk Revit
  2. Penggunaan Peralatan dan Pengoperasian Mesin Pengerjaan Kayu
  3. Sistem Informasi Geografis
  4. Game Edukasi 2 Dimensi
  5. Film Animasi 2 Dimensi
  6. Pengukur Kecepatan Motor BLDC dan Level Baterai Berbasis Mikrokontroler
  7. Pemasangan Dudukan Modul dan Kelistrikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Tipe Off Grid Terpusat
  8. Pemrograman CNC dengan Mastercam
  9. Pemeliharaan Sistem EFI Kendaraan Ringan
  10. Perawatan Berkala Kendaraan Ringan
  11. Perawatan Sistem AC Kendaraan
  12. Commercial Building Electrical Installation
  13. Building Automation System Based KNX Protocol
  14. Industrial Control Application Based PLC
  15. Lingkungan sebagai Sumber Energi Bagi Guru Projek IPAS
  16. Membangun Bisnis makanan ringan (PKK)

Program yang kedua adalah peningkatan kompetensi PTK Vokasi yang berlangsung pada periode 18 Februari s.d. 2 Maret 2024, terdiri dari :

  1. Matematika Terapan Berbasis Kejuruan
  2. Bahasa Inggris Berbasis Kejuruan

Terakhir, ada satu kelas program peningkatan kompetensi PTK Vokasi yang ditujukan bagi Instruktur LKP yaitu Pelatihan Pengelasan Flux Cored Arc Welding (FCAW), pada periode 18 Februari s.d. 3 Maret 2024.

Sesditjen Pendidikan Vokasi dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah telah mengambil langkah besar dalam meningkatkan kualitas hidup dan keberlanjutan lapangan kerja. Hal ini tercermin dalam laporan INSEAD yaitu Global Talent Competitiveness Index Indonesia telah naik sebanyak 14 peringkat. Kini Indonesia menduduki peringkat ke-75 dari 113 negara, kenaikan kedua tertinggi setelah Albania. Informasi ini diperoleh Saryadi pada saat mengikuti acara Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka yang digelar oleh Kemendikbudristek 11-12 Desember 2023 di Jakarta.

“Kenaikan peringkat Global Talent Competitiveness Index, diyakini karena adanya kontribusi dan kinerja vokasi yang Bapak/Ibu terlibat di dalamnya,” ungkap Saryadi, “Ini merupakan hasil kerja Bapak Ibu guru, kepala sekolah, Balai Besar, instruktur LKP, dan aktor-aktor pengembang vokasi,” ujarnya.

Menurut Saryadi, acara pembukaan diklat upskilling dan reskilling ini menjadi tonggak penting dalam kalender pendidikan. “Kami berkomitmen untuk melaksanakan diklat upskilling dan reskilling secara berkualitas dengan mendekatkan guru-guru pada dunia kerja yang akan dihadapi oleh siswa, “ katanya, “Guru-guru yang terampil dan terinformasi dengan baik adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang relevan dan mendukung pertumbuhan siswa, “ pungkasnya.*** (Penulis : Herna/Mira, Editor : Wanto).

Peserta pelatihan berfoto bersama Sesditjen Pendidikan Vokasi

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud