Sinergi yang Menginspirasi melalui Gebyar Karya Vokasi 2023

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Ajang pemberian penghargaan bagi SMK dan industri yang dikemas dalam acara Gebyar Karya Vokasi Tahun 2023, diselenggarakan oleh BBPPMPV BMTI pada tanggal 26 s.d. 28 Desember, dengan puncak acara berlangsung Rabu (27/12/2023) di Bale Pancaniti. “Acara ini digelar dalam rangka memberikan motivasi bagi SMK dan industri mitra BBPPMPV BMTI dengan harapan agar kerja sama selanjutnya lebih meningkat dan dapat menjadi model praktik baik bagi SMK dan industri lainnya,” ujar Supriyono, M.Si., plt. Kepala BBPPMPV BMTI dalam kata sambutannya.

Gebyar Karya Vokasi tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan, namun juga merupakan platform yang memperkuat hubungan kolaboratif antara dunia pendidikan kejuruan dengan industri. Ini merupakan perayaan prestasi serta kesuksesan kerja sama yang erat antara SMK dengan dunia industri. Selain pemberian penghargaan kepada SMK dan industri, di acara ini ditampilkan pula produk-produk hasil karya peserta diklat melalui pembelajaran project based learning (PJBL), inovasi di bidang vokasi, dan produk dari beberapa industri mitra BBPPMPV BMTI.

Direktur SMK Kemendikbudristek, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd. yang membuka acara secara resmi, menyampaikan apresiasinya terhadap Gebyar Karya Vokasi 2023. “Acara ini dapat menjadi motivasi bagi peningkatan mutu SMK,” ujarnya, “Terima kasih bagi industri yang telah bekerja sama memajukan pendidikan vokasi, teruslah bermitra dengan kami. Kemitraan antara SMK dan industri adalah faktor yang sangat penting,” ungkapnya.

Direktur SMK Kemendikbudristek mengapresiasi Gebyar Karya Vokasi Tahun 2023

Narasumber yang turut hadir memberikan kontribusi dalam acara ini adalah Yoggi Herdani, Koordinator Pokja Bidang Kemitraan Direktorat Mitras DUDI, Otto Purnawarman, Koordinator Marketing dan Sales Badan Pengelola Usaha Politeknik Manufaktur Bandung,  Dimas Aryo, Team Leader CSR PT United Tractors Tbk., dan Hadi S. Cokrodimejo, Wakil Ketua Umum KADIN Jawa Barat. Keempat narasumber  berbagi pengalaman dan wawasan tentang pentingnya kemitraan dan kolaborasi, bagaimana memelihara kemitraan agar dapat berjalan dengan baik, serta pentingnya peran industri dalam penguatan pendidikan vokasi. Selain dihadiri oleh SMK dan industri penerima penghargaan, para kepala balai turut hadir dalam Gebyar Karya Vokasi Tahun 2023.

Adapun kategori penerima penghargaan dalam acara yang berlangsung meriah  ini terdiri dari :

  1. Peserta dengan video testimoni program upskilling dan reskilling terbaik (3 orang)
  2. SMK Pusat Belajar Mitra BBPPMPV BMTI (35 SMK)
  3. SMK mitra terbaik (peringkat tertinggi dalam pelatihan Perencanaan Berbasis Data, capaian Tracer Study terbaik, pelaksana program Kampanye Sekolah Sehat, penggunaan Platform Merdeka Mengajar terbaik, peringkat penilaian pelatihan Pendampingan Implementasi Pembelajaran terbaik), 15 SMK
  4. SMK pelaksana Cyber Vokasi terbaik, 3 SMK
  5. Industri (kontribusi terbanyak pada program pemagangan pelatihan guru dan kepala sekolah, kontribusi terbanyak melakukan kerja sama dengan SMK, kontributor terbaik dalam hal pembelajaran dan sarana praktik), 9 industri.
  6. Program keahlian di BBPPMPV BMTI dengan inovasi terbanyak, 6 program keahlian.
Plt. Kepala BBPPMPV BMTI memberikan penghargaan kepada SMK pelaksana program Kampanye Sekolah Sehat
Penghargaan kepada 35 SMK mitra BBPPMPV BMTI sebagai pelaksana Pusat Belajar
Wakil Ketua Umum KADIN Jawa Barat menyerahkan penghargaan kepada pihak industri mitra BBPPMPV BMTI
3 orang pemenang kategori video testimoni peserta program Upskilling dan Reskilling terbaik, Ardi Widyatama, S.Pd, Miftahul Huda, S.Pd., Ramlis, S.TP., M.Si. (dari kiri ke kanan)

Dengan Gebyar Karya Vokasi, kolaborasi antara SMK dan industri semakin ditekankan, sehingga meningkatkan kesempatan untuk meraih prestasi dan sukses bagi siswa, sehingga memperkuat hubungan yang bermanfaat antara pendidikan vokasi dengan dunia industri. Selamat kepada para pemenang, semoga dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya ! ***(Penulis : Herna, Editor : Wanto).

 

 

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud