InformasiUmum

Serah Terima Bantuan CSR dari PT Schneider Electric kepada BBPPMPV BMTI

Rate this post

Cimahi, BBPPMPV BMTI – PT Schneider Electric Cikarang mempersembahkan sejumlah peralatan listrik yang mutakhir kepada BBPPMPV BMTI dalam acara Seremoni Serah Terima Corporate Social Responsibility (CSR) yang berlangsung Kamis (7/12/2023) di gedung Bale Binangkit BBPPMPV BMTI. Kontribusi ini bertujuan untuk memberikan alat yang diperlukan bagi para guru SMK untuk meningkatkan kualitas pengajaran dalam bidang listrik dan teknologi terkait.

Peralatan listrik yang diserahterimakan oleh Plant Director Schneider Electric Cikarang, Rudy Granet kepada plt. Kepala BBPPMPV BMTI yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Penyelarasan, Kerja Sama/Kemitraan BBPPMPV BMTI, Kusmana adalah berupa 1 unit MC Set-M Panel 7.2 kV dan 2 unit of LF1 MV CB, dengan total nilai Rp 775.080.000.

Penandatanganan berita acara serah terima peralatan oleh Rudy Granet dan Kusmana

Melalui sumbangan ini, PT Schneider Electric Cikarang menegaskan komitmennya dalam mendukung pendidikan kejuruan yang berkualitas di Indonesia. Perusahaan ini memandang pentingnya peran guru sebagai agen perubahan dalam mempersiapkan generasi masa depan yang siap beradaptasi dengan tuntutan industri.

Plant Director Schneider Electric Cikarang, Rudy Granet menyerahkan piagam CSR

“Bantuan peralatan ini akan berdampak langsung pada kualitas pembelajaran bagi guru-guru SMK dan akan berpengaruh pada kualitas lulusan SMK,” ujar Kusmana. Menurutnya, BBPPMPV BMTI diberi tugas oleh Kemendikbudristek untuk menjadi mitra bagi SMK di 15 provinsi di Indonesia. Kusmana menjelaskan bahwa di wilayah binaan 15 provinsi tersebut, ada sejumlah 3394 SMK dengan bidang keahlian teknologi rekayasa, yang di dalamnya terdapat salah satu program keahlian yaitu teknik tenaga ketenagalistrikan. Sedangkan jumlah guru produktif yang ada di 3394 SMK itu adalah sekitar 14.358 orang.

Pada kenyataannya, dalam 3 tahun ke belakang, hanya 1500 orang guru per tahun yang mengikuti pelatihan. Jumlah ini menggambarkan bahwa seorang guru tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan 1 kali dalam 1 tahun, sesuai dengan kondisi idealnya. “Hal ini terjadi karena berbagai faktor, di antaranya adalah karena keterbatasan anggaran, kondisi sarana prasarana/peralatan praktek, jumlah pengajar, dan kapasitas penginapan,” tutur Kusmana dalam acara seremoni tersebut.

Acara seremoni serah terima CSR ini dihadiri pula oleh para manajer dan operation training leader PT Schneider Electric, guru serta siswa SMKN 1 Cimahi.

Para manajer PT Schneider Electric Cikarang, jajaran manajemen, dan para pengajar dari BBPPMPV BMTI berfoto bersama di depan peralatan listrik yang diserahterimakan

Kusmana menyampaikan apresiasinya kepada pimpinan Schneider. “Dengan adanya bantuan ini, tentunya akan mempercepat waktu kami dalam melayani,” ujarnya, “Peralatan dari Schneider menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan kualitas peningkatan kompetensi bagi guru-guru SMK,” ungkapnya.

Sementara itu, Rudy Granet menyampaikan bahwa Schneider Electric terus berkomitmen untuk menjadi mitra industri pengembangan pengetahuan dalam transformasi ekosistem pendidikan yang bermanfaat bagi generasi mendatang. “Misi kami adalah mempersiapkan ahli kelistrikan menghadapi tantangan masa depan dan menjadi mitra strategis dalam membangun sektor pendidikan yang berkelanjutan serta sesuai perkembangan dunia industri,” ujarnya. “Jalinan kerja sama dengan BBPPMPV BMTI sangat penting, kami peduli pada pendidikan karena ini merupakan pilar pertumbuhan bangsa Indonesia dan kami memperkuatnya melalui CSR,” jelas Rudy. Lebih lanjut Rudy menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong generasi muda untuk bertumbuh mencapai kesuksesan. “Kami bangga dapat membantu dan mendukung pendidikan melalui serah terima peralatan listrik ini,” pungkasnya. *** (Penulis : Herna, Editor : Wanto).

Peralatan listrik ini akan digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMK khususnya program keahlian teknik ketenagalistrikan
Mengecek peralatan listrik yang diberikan melalui CSR

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud

Views: 1