Dukung Pendidikan Vokasi, Dirut Zyrex Tunjuk 100 SMK di Jawa Barat sebagai Partner

Cimahi, BBPPMPV BMTI – Direktur Utama PT Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik menghadiri acara pembukaan pelatihan Keterampilan Teknis dan Penggunaan Chromebook bagi Guru SMK Pusat Keunggulan (PK) Provinsi Jawa Barat, bertempat di Bale Pancaniti, Senin (4/12/2023). PT Zyrexindo Mandiri Buana merupakan produsen perangkat teknologi informasi asal Indonesia dengan merek Zyrex. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Direktorat SMK melalui BBPPMPV BMTI bekerja sama dengan Zyrex. Pelatihan berlangsung pada periode tanggal 3 s.d. 6 Desember 2023 di BBPPMPV BMTI dengan sasaran 150 SMK PK di provinsi Jawa Barat.

“Zyrex mendukung dan peduli terhadap siswa SMK,“ ujar Timothy, “Saat magang di perusahaan, kami ajarkan bagaimana cara merakit laptop. Kami melihat semangat mereka merakit laptop. Jika sehari mereka mampu merakit 50 laptop, maka untuk selanjutnya dituntut dapat menyelesaikan lebih dari 50 dengan kualitas yang tinggi,” ungkapnya di hadapan para guru peserta pelatihan. Semangatnya untuk merakit, dapat diterapkan ketika suatu saat mereka merakit motor, AC, maupun mobil. “Semangat yang sudah mereka miliki hari ini adalah hal yang sangat penting,“ tuturnya, “Saat ini bukan saja keterampilan siswa SMK yang dibutuhkan oleh industri, tetapi industrilah yang merangkul mereka,” jelasnya.

“Dalam rangka kerja sama yang lebih erat dengan SMK, maka di forum ini saya sampaikan untuk menunjuk 100 SMK sebagai partner Zyrex yang akan menjadi service dan training center,” tutur Timothy disambut tepuk tangan meriah dari hadirin, “Kita latih guru-guru SMK sehingga nantinya siswa SMK setelah lulus memiliki pengalaman yang lebih baik,” ujarnya.

Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri pula oleh Ketua Tim Kerja Program, Data, dan Evaluasi Direktorat SMK, Meidhi Alkibzi, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Edy Purwanto, Presiden Direktur PT Zyrex, Danny Harjono,  Direktur Utama PT Duta Digital Informatika, Arya Sanjaya, serta Ketua Tim Business Matching dan Rekomendasi Impor Pusat P3DN Kementerian Perindustrian, Medino D. Putra yang hadir secara daring. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh plt. Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono, M.Si. Adapun konten pelatihan ini intinya adalah menyampaikan materi tentang pengenalan terhadap Chromebook, best practice Chromebook, dan optimalisasi Chromebook.

Presiden Direktur PT Zyrex, Danny Harjono memberikan plakat kepada Plt. Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono

Dalam sambutannya, Medino D. Putro dari Kementerian Perindustrian menghimbau agar kita mencintai dan meningkatkan penggunaan barang dalam negeri. Salah satunya adalah laptop Zyrex, yang sudah banyak digunakan dan bersaing dengan produk impor. “Pelatihan kali ini merupakan kolaborasi antara Zyrex dan Google, yang tentunya akan menciptakan peluang besar untuk memperluas jangkauan teknologi pendidikan,” katanya.

Menurut Meidhi Alkibzi dari Direktorat SMK, sesuai perkembangan era digital saat ini, maka kita mengenal teori belajar connectivism, yaitu teori yang sangat sesuai dengan pembelajaran abad 21 yaitu ditandai dengan meningkatnya keterampilan digital, berpikir kritis, menyelesaikan masalah, dan kolaboratif. “Melalui pelatihan ini, diharapkan bapak ibu guru mendapatkan akselerasi dalam penguasaan teknologi,” katanya,”Bapak ibu guru dituntut agar memahami dan terbiasa menggunakan Chromebook dalam pembelajaran di sekolah,” lanjutnya. Edy Purwanto dari Disdik Provinsi Jawa Barat berpesan agar guru-guru memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Plt. Kepala BBPPMPV BMTI berharap bahwa pelatihan ini akan memberi kesempatan bagi para guru untuk lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi dan membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih dinamis dan terkini. “Saya yakin bahwa pelatihan kompetensi teknis dan penggunaan Chromebook bagi guru adalah komitmen nyata dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih unggul dan relevan dengan tuntutan zaman,” pungkasnya. *** (Penulis : Herna, Editor : Wanto).

Plt. Kepala BBPPMPV BMTI membuka secara resmi pelatihan, Senin (4/12/2023)
Peserta pelatihan Chromebook periode 3 s.d. 6 Desember 2023

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon : (022) 6652326
Fax : (022) 6654698
Email : bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman : bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud