Workshop Penyusunan Laporan Kegiatan Tahun 2023

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono M. Si., didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, Wanto, S.T., M. Eng., membuka Kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Kegiatan Tahun 2023 di Hotel Sabda Alam, Garut, Jawa Barat, Rabu, 29 November 2023.

Dalam arahannya Plt. Kepala BBPPMPV BMTI menyampaikan bahwa laporan kegiatan merupakan bagian dari menunaikan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh lembaga. Beliau juga menyampaikan bahwa setiap tahun BBPPMPV BMTI dipadatkan dengan kegiatan-kegiatan yang pada akhirnya berujung pada penyusunan laporan, sehingga dirinya menghimbau agar tidak terjadi penumpukan penyusunan laporan semestinya hal tersebut dapat diselesaikan maksimal 5 (lima) hari setelah kegiatan dilaksanakan.

Rekonsiliasi dan Sinkronisasi data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) menjadi salah satu agenda yang terjadwal pada kegiatan workshop kali ini. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran menyeluruh terhadap pelaksanaan Rekonsiliasi dan Sinkronisasi data PTK dengan DAPODIK untuk memfasilitasi pelaksanaan pelatihan upskilling dan reskilling bagi guru SMK berstandar industri yang telah dilaksanakan.

Acara workshop tersebut juga diisi oleh Mochammad Nur Rochim dan Darma Setiawan yang merupakan narasumber dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemdikbudristek. Tema yang dibahas terkait dengan Permendikbudristek Nomor 31 tahun 2022 tentang Satu Data Dikbudristek. Satu Data merupakan kebijakan tata kelola Data untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Penulis: Mira Kumala Sari