Kolaborasi dan Kerja Sama, Wujudkan Program Pelatihan Upskilling dan Reskilling Bagi Guru SMK Berstandar Industri

Untuk mempersiapkan pelatihan bagi guru SMK di tahun 2023, BBPPMPV BMTI menyelenggarakan Rakor Upskilling dan Reskilling Berstandar Industri pada hari Selasa hingga Kamis, tanggal 24 s.d. 27 Januari 2023 di El Royale Hotel, Bandung. Rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan program upskilling dan reskilling, yaitu pelatihan peningkatan kompetensi bagi guru SMK yang akan dilaksanakan pada awal bulan Februari. Selain itu, rakor bertujuan pula untuk menyusun kurikulum berstandar industri dan perangkat pelatihan lainnya.

Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengajak pihak industri untuk turut terlibat dalam dunia pendidikan vokasi. “Mari kita menjadi co-creator, dengan cara industri masuk ke kelas-kelas. Bantu kami dalam mendidik anak-anak supaya siap menghadapi dunia kerja.” ujar Kiki di hadapan peserta rakor.

“Pendidikan vokasi dan dunia usaha dunia industri (DUDI) bisa berjalan beriringan dalam mengimplementasikan program pemerintah untuk meningkatkan SDM di Indonesia.” ungkap Saryadi, Sesditjen Pendidikan Vokasi yang hadir secara daring. Oleh karena itu, dalam rangka usaha menciptakan SDM yang kompeten serta unggul, maka program upskilling dan reskilling ini dilaksanakan. Supriyono, Kepala BBPPMPV BMTI dalam kesempatan itu mengatakan bahwa program pelatihan upskilling dan reskilling yang akan dilaksanakan, menggunakan konsep 8+i di antaranya adalah kurikulum disusun bersama industri dan pemagangan dilakukan di industri.

Rakor dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), yaitu Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc., Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Saryadi, S.T., MBA (Sesditjen Diksi, hadir secara daring), dan Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., Direktur SMK. Hadir pula H. Syaiful Huda, Ketua Komisi X DPR RI, Prof. Dr. Pribadiyono, Ir., M.S., Direktur Eksekutif LSP Quantum HRM Internasional, Samsul Bahri,  Wakil Kepala Kadin Provinsi Kalimantan Utara, Hadi S. Cokrodimejo, Wakil Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Barat, H. Eko Dani Warianto, Kepala SMKN 2 Tarakan, wakil dari 70 industri, beserta para widyaiswara/pengajar di lingkungan BBPPMPV BMTI (Herna).