Maju Bersama, Pendidikan Vokasi akan Berjaya

Dalam rangka terus mensosialisasikan pendidikan vokasi kepada masyarakat Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) dan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian (BBPPMPV Pertanian) menyelenggarakan Gelar Pendidikan Vokasi yang dilaksanakan di kampus BBPPMPV BMTI. Acara yang mengusung tema besar “Kolaborasi antara Ditjen Diksi dan Industri dan Dunia Kerja dalam mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia” dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 24 Juni 2022 ini mengundang sedikitnya 120 peserta yang terdiri dari Unit Utama Pendidikan Vokasi, BBPPMPV/BPPMPV, pelaku industri terkait bidang rekayasa teknologi dan pertanian, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Berawal dari ide mengenai revolusi industri 4.0 yang menghantarkan pada berkembangnya teknologi digital, persaingan bisnis, dan pembangunan yang semula banyak bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam kini telah bergeser pada persaingan pada penguasaan teknologi informasi (ICT) yang menjadi tuntutan kompetensi angkatan kerja. Perubahan dunia yang sangat cepat perlu diantisipasi dengan menguatkan sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan yang berkualitas dan jaminan kesehatan yang bermutu pula. Oleh sebab itu, untuk dapat mengikuti revolusi industri 4.0, perbaikan dunia pendidikan menjadi hal yang paling utama.

Perubahan teknologi di dunia usaha dan dunia industri sangat cepat terjadi : dari internet beralih ke mobile internet lalu bergeser ke artificial intelligence, robotics, tesla hyperloop dan lain-lain saat ini menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan untuk dapat menyiapkan sumber daya manusia yang dimilikinya dengan lebih baik. Industri menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari pendidikan vokasi pada akhirnya memiliki peran yang sangat krusial dalam memajukan pendidikan vokasi. Harmonisasi antara pendidikan vokasi dan industri akan menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang diakui industri dan tingkat kebekerjaan yang tinggi.

Kegiatan Gelar Pendidikan Vokasi menghadirkan berbagai acara, yaitu Soft Launching Mahakarya Vokasi, pameran, pentas seni, dan konferensi pers. Pelaksanaan pameran yang dilakukan secara semi indoor dan outdoor ini diisi oleh berbagai macam stan/gerai dari BBPPMPV/BPPMPV, industri, SMK, serta pelaku UMKM.

Dalam kesempatan kali ini Supriyono menyampaikan bahwa meskipun pandemi Covid-19 sudah berjalan selama hampir 3 tahun, tidak membuat BBPPMV BMTI dan BBPPMPV Pertanian berdiam diri : inovasi terus menerus dilakukan agar kevokasian Indonesia semakin terlihat oleh masyarakat.

“Kita memang tidak bisa bergerak sendiri, kita butuh terus bekerja sama dengan industri, politeknik, dan SMK karena merekalah yang merupakan ujung tombak vokasi Indonesia. Memang butuh waktu dan upaya tetapi jika kita bergerak bersama, saya yakin pendidikan vokasi pasti lebih maju dan berjaya”, imbuh Supriyono dalam rapat persiapan Gelar Pendidikan Vokasi.

Beliau menambahkan bahwa tanpa adanya kerja sama dan rebranding besar-besaran tentang vokasi, kinerja BBPPMPV BMTI dan Pertanian mungkin akan dinilai biasa saja. Oleh karena itu, BBPPMPV BMTI dan Pertanian harus menggandeng berbagai industri yang telah bekerjasama dan juga SMK yang menjadi binaan untuk bisa memeriahkan acara ini.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan :
Whatsapp : 08112242326
Telepon: (022) 6652326
Fax: (022) 6654698
Email: bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id
Laman: bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:
Twitter : @bmti_kemdikbud
Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud
Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud

Beri penilaian untuk berita ini!