Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, BBPPMPV BMTI Luncurkan Produk Inovasi Buatan Vokasi

Dalam rangka mendukung program pemerintah yang terus menerus digaungkan dalam berbagai kesempatan, BBPPMPV BMTI melaksanakan Peluncuran Produk Inovasi Vokasi : Ship Simulator. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2022 ini akan dilaksanakan secara hibrid dalam dan luar jaringan dengan mengundang sedikitnya 500 peserta yang berasal dari satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sekolah Menengah Kejuruan Kemaritiman, Lembaga Kursus dan Pelatihan, serta undangan lainnya.

Dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan dengan Program Keahlian Kemaritiman di Indonesia serta biaya yang tinggi dalam pengadaan impor alat praktek siswa berupa Ship Simulator, Kepala BBPPMPV BMTI menghasilkan ide untuk membuat sendiri produk Ship Simulator.

Bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Mundu Kabupaten Cirebon, akhirnya pembangunan dan pengembangan Ship Simulator telah melewati berbagai peninjauan dari tim ahli yang dilakukan secara terus menerus serta pembaruan sistem sehingga telah layak digunakan sebagai alat praktek siswa SMK dengan Program Keahlian Kemaritiman.

“Tentu saja pembangunan Ship Simulator ini membutuhkan SDM yang memang kompeten di bidangnya. Dari BBPPMPV BMTI, kita memiliki SDM yang ahli dalam membuat rangka bangunan apapun dan mengembangkan program yang sesuai untuk dipakai dalam sistem navigasi di Ship Simulator”, kata Supriyono, Kepala BBPPMPV BMTI.

Pembangunan Ship Simulator yang dilaksanakan di area Kerja Kayu, Gedung Program Keahlian Teknik Sipil dan Perencanaan BBPPMPV BMTI membutuhkan setidaknya satu bulan untuk menyelesaikan rangka dan 10 bulan untuk mengembangkan sistem navigasinya. Adalah Widyaiswara dari Program Keahlian Elektronika dan Informatika BBPPMPV BMTI yang membuat program sistem navigasi sehingga kondisi cuaca yang ada di Ship Simulator 99% menyerupai kondisi realtime pelabuhan yang bisa dipilih dalam sistem.

Peluncuran Ship Simulator turut mengundang Direktur Jenderal Vokasi, Sekretaris BPSDM Perhubungan, serta perwakilan dari SMK Negeri 1 Mundu sebagai narasumber yang akan menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan Ship Simulator.

Sebelum dilaksanakan peluncuran, Ship Simulator buatan BBPPMPV BMTI sudah diproses oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan telah tersedia di e-katalog sehingga dapat dipesan oleh stakeholder.

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek

Saluran Informasi dan Pengaduan : Whatsapp : 08112242326

Telepon: (022) 6652326

Fax: (022) 6654698

Email: bbppmpv.bmti@kemdikbud.go.id

Laman: bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id

Sosial Media Resmi:

Twitter : @bmti_kemdikbud

Facebook/Youtube/Linkedin : BBPPMPV BMTI Kemdikbud

Instagram/Tiktok : @bmti.kemdikbud

Beri penilaian untuk berita ini!