Tahun Ini ZI Menuju WBBM Kembali Dicanangkan

Acara pencanangan ZI menuju WBBM kembali digelar oleh BBPPMPV BMTI pada tanggal 25 Maret 2022 di lapangan upacara. Dihadiri oleh sejumlah pegawai, anggota Dharma Wanita Persatuan, dan siswa yang sedang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan tetap menjaga protokol kesesehatan.

Pencanangan Zona Integritas (ZI) adalah upaya untuk mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan dari Reformasi Birokrasi, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Saat ini, BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri sedang menuju tahap Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yaitu predikat yang diberikan kepada satker yang memenuhi sebagian besar program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

Pencanangan ZI WBBM ini sungguh memberikan semangat yang baru bagi seluruh komponen warga BMTI untuk meningkatkan pelayanan terhadap publik sebaik-baiknya. Acara ini diawali dengan melakukan senam bersama di lapangan upacara. Jam 07.00 pagi hari, semua peserta telah berkumpul dan melakukan senam bersama dengan penuh semangat.

Instruktur memandu senam bersama yang diikuti oleh peserta dengan antusias

Setelah mengikuti senam bersama, acara pencanangan ZI WBBM secara resmi dibuka oleh Supriyono, M.Si., Kepala BBPPMPV BMTI. “Acara pencanangan ini perlu diagendakan setiap tahun, supaya tetap menyemangati kita dan memperkuat komitmen melakukan pelayanan terhadap publik.” ujarnya saat membuka acara. “Kita patut bersyukur telah mendapatkan piagam penghargaan dari Mendikbud Ristek baru-baru ini, atas keberhasilan membangun ZI WBBM pada tahun 2021,” ungkap Supriyono, “Namun demikian kita jangan terlena, walaupun telah mendapat penghargaan kita tetap harus mempertahankan predikat ini dan selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada publik.” tambahnya. Pada kesempatan ini pula, Kepala BBPPMPV BMTI menyampaikan produk unggulannya yaitu Ship Simulator, Galeri Kejuruan, dan program Green Management System yang akan terus disempurnakan.

Piagam penghargaan yang diberikan oleh Mendikbud Ristek kepada BBPPMPV BMTI, harus tetap dipertahankan dan memotivasi peningkatan kualitas pelayanan terhadap publik

Acara berlanjut dengan pembacaan maklumat pelayanan, pernyataan benturan kepentingan, ikrar BBPPMPV BMTI untuk mewujudkan ZI WBBM, komitmen menolak gratifikasi, dan pakta integritas. Pelepasan balon gas dan burung merpati ke udara, disambut bahagia oleh seluruh peserta yang hadir sekaligus mengakhiri acara pencanangan ZI WBBM di tahun 2022. (Herna)

Penandatanganan pakta integritas yang disaksikan oleh Kepala BBPPMPV BMTI

 

Pelepasan balon gas dan burung merpati ke udara, secara simbolis menandai komitmen lembaga untuk menuju ZI WBBM

Beri penilaian untuk berita ini!