BBPPMPV BMTI mengadakan Sosialisasi Rekrutmen Program Guru Penggerak Angkatan 4

Cimahi, 15 April 2021 – BBPPMPV BMTI turut terlibat dan berkontribusi menyukseskan Program Guru Penggerak melalui kegiatan ‘Sosialisasi Rekrutmen Program Guru Penggerak Angkatan 4’. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut dihadiri oleh  60 peserta undangan yang merupakan Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara, Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Tengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula, Dinas Pendidikan Kabupaten Fakfak, Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw dan perwakilan guru dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang nantinya diharapkan akan ikut menyebarkan informasi terkait rekrutmen Program Guru Penggerak Angkatan 4 ini kepada pihak terkait lainnya.

Kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Kepala BBPPMPV BMTI Supriyono M. Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Program Guru Penggerak merupakan terobosan dari Program Merdeka Belajar episode kelima. Melalui program ini diharapkan guru mendapatkan ilmu pedagogik yang lebih bagus dan lebih adaptif. Seorang guru harus mau belajar, membentuk satu kolaborasi dan mau melakukan transformasi. Adanya KKG dan MGMP merupakan cikal bakal untuk kita semua. Stigma guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa harus diubah, guru harus lebih maju dan dapat memimpin pembelajaran secara holistik dan interaktif. Di akhir sambutannya Supriyono berharap adanya sinergi dari Dinas Pendidikan untuk berperan aktif dalam mendukung program ini dengan cara mengawal langsung pelaksanaannya di daerah sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Sudjanti Kamat S. Sos, M. Si, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Kependidikan dan Penyelenggara Tugas Pembantuan Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat menyampaikan apresiasinya terhadap Program Guru Penggerak. Sudjanti memiliki keyakinan bahwa Program Guru Penggerak merupakan sarana untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya Papua Barat. Sama halnya dengan Ruslan Zainuddin S. Pd., M. Si, Kepala Seksi PTK SMA dan Diksus Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara, yang dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara sangat berharap guru-guru di Provinsi Maluku Utara dapat mengambil bagian dalam perekrutan Program Guru Penggerak angkatan 4 ini. Ruslan berharap melalui program ini antusiasme guru meningkat sehingga tergugah untuk ikut serta ambil bagian dalam program ini. Beliau yakin melalui program guru penggerak ini akan lahir guru-guru yang memiliki kemampuan yang sesuai harapan Pemerintah guna memajukan Pendidikan di Indonesia.

Pada kegiatan ini, peserta mendapatkan informasi mengenai Program Guru Penggerak angkatan 4 yang sedikit berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya. Jika angkatan sebelumnya Program Guru Penggerak tidak menyasar ke jenjang SMK, pada PGP angkatan 4 ini guru SMK juga menjadi target sasaran program selain jenjang TK, SD, SMP dan SMA, Wahyu Purnama, Widyaiswara BBPPMPV BMTI menyampaikan melalui paparannya. Peserta juga mendapatkan informasi teknis pendaftaran melalui link https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ informasi ini disampaikan oleh Hendra Widiana selaku sub koordinator peserta didik dan sarana prasarana BBPPMPV BMTI.

Peserta kegiatan Sosialisasi pagi hari ini juga mendapatkan kesempatan mendengarkan testimoni dari seorang calon guru penggerak angkatan 1, Vebi Waas yang merupakan guru honorer di SMAN 8 Kota Ambon dan calon pendamping guru penggerak Pebrywati Watimury yang merupakan dosen di Universitas Darussalam Ambon. Baik Vebi maupun Pebrywati menyampaikan pesan yang sama untuk guru-guru agar ikut serta mengambil bagian dalam Program Guru Penggerak. Mereka sepakat dengan mengikuti program ini guru dapat menciptakan iklim pendidikan yang lebih baik lagi, dan mampu menciptakan siswa yang unggul dan mandiri. (Mira)

 

Beri penilaian untuk berita ini!