Workshop Galeri Kejuruan

Cimahi – BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri menyelenggarakan Kegiatan Workshop Galeri Kejuruan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 8 s.d 10 Maret 2021 yang bertempat di Gedung Aula Bale Binangkit BMTI.

Workshop Galeri Kejuruan dihadiri narasumber dari praktisi pendidikan serta melibatkan guru SMK. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyusun naskah akademik konten yang akan menjadi dasar pengembangan Galeri Kejuruan.

Pendidik maupun siswa di era milenial 4.0 dengan akses internet yang semakin mudah, justru membutuhkan bentuk pelatihan peningkatan kompetensi yang dapat mengakomodasi fleksibilitas dari segi waktu, akses, ruang, yang disesuaikan dengan waktu yang mereka miliki. Fakta lapangan ini dapat didefinisikan sebagai besarnya kebutuhan platform pembelajaran kejuruan yang fleksibel berbasis digital di era Revolusi Industri 4.0.

Jawaban tantangan ini diterjemahkan dalam platform yang dinamai Galeri Kejuruan BBPPMPV BMTI. Filosofi “merdeka belajar” dapat ditinjau dari beberapa sisi, bagi seorang pendidik atau siswa yang menginginkan peningkatan kompetensi pada platform pembelajaran kejuruan ini, yang diterjemahkan dalam tiga garis besar pengembangan Galeri Kejuruan, diharapkan dapat mengakomodasi pola belajar sebagai berikut :

  1. Guru, tenaga kependidikan maupun siswa yang membutuhkan konten pembelajaran saja;
  2. Guru, tenaga kependidikan maupun siswa yang membutuhkan konten, mengikuti learning path yang tersedia, namun tidak membutuhkan sertifikasi keahlian;
  3. Guru, tenaga kependidikan maupun siswa yang mengikuti learning part, placemen test dan sertifikasi.

Beri penilaian untuk berita ini!