Kegiatan Rapat Koordinasi Program dengan 12 Dinas Pendidikan Provinsi

PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Program dengan 12 Dinas Provinsi (Perwalian). Kegiatan rakor ini dilaksanakan pada  tanggal 9 Juni 2020 melalui conference event webex dengan tema arah dan kebijakan diklat di PPPPTK BMTI dimasa pandemi covid-19. Peserta kegiatan berasal dari 12 Dinas Pendidikan Provinsi di wilayah perwalian PPPPTK BMTI  yakni Kepala Dinas/Kabid/Seksi SMK, Perwakilan Pengawas, dan Ketua MKKS.

Kepala PPPPTK BMTI Supriyono, M.Si menyampaikan pada masa pandemi covid 19, PPPPTK BMTI turut melakukan inovasi dalam memberikan pelatihan diklat kepada guru SMK dengan menyelenggarakan diklat moda daring, sehingga diharapkan akan  meningkatnya kompetensi guru yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. PPPPTK BMTI akan  memperkuat kerjasama/koordinasi dengan sekolah, dunia usaha dan dunia industri serta Dinas Pendidikan Provinsi guna makin terserapnya lulusan SMK di Industri. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pejabat Kemendikbud Direktur GTK Dikmen Diksus dan Direktur Sekolah Menengah Kejuruan. 

Narasumber yang pertama adalah Direktur GTK Dikmen Diksus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Praptono beliau menyampaikan materi kebijakan pola diklat dan pengembangan karir guru.

“Pelajar indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global yang berprilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang disebut Pelajar Pancasila, sehingga anak anak yang kita layani harus mengusung 6 karakter yakni berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kebhinekaan global, gotong royong dan kreatif, ujarnya”.

Narasumber kedua adalah Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M. menyampaikan materi tentang kebijakan pengembangan SMK.

“Harapan kita adalah meningkatkan kompetensi lulusan SMK, menciptakan atau mendidik siswa/i kita untuk berkompeten sehingga memiliki budaya kerja guna terserap bekerja di  Dunia Usaha dan Industri.” Program pemerintah saat ini Industri kreatif dan energi terbarukan terus ditingkatkan sehingga hal ini membutuhkan mitra kerjasama dari berbagai pemerhati pendidikan”.

Tujuan kegiatan rakor program dengan 12 Dinas Pendidikan Provinsi adalah Mensosialisasikan kebijakan pembinaan guru dan tenaga kependidikan menengah dan khusus tahun 2020, kebijakan pengembangan sekolah menengah kejuruan, program diklat PPPPTK BMTI di masa pandemi covid-19, mendapatkan masukan dari unsur dinas, MKKS dan pengawas terkait rencana program kerja PPPPTK BMTI, serta peluang-peluang kolaborasi program kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan dimasa pandemi covid-19.

Foto Kegiatan :

Hadirin menyanyikan lagu indonesia raya
Paparan materi kebijakan pola diklat dan pengembangan karir guru
Paparan materi program dari Kepala PPPPTK BMTI
Paparan materi kebijakan pengembangan SMK dari Direktur SMK

Beri penilaian untuk berita ini!