P4TK BMTI Menyediakan Bantuan Fasilitas Wisma Untuk Tempat Istirahat Tenaga Medis Pasien Covid-19

Pemerintah Kota Cimahi mendapat bantuan fasilitas wisma untuk tempat istirahat tenaga medis yang menangani pasien Corona Virus Disease (COVID-19) di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (P4TK BMTI) Jawa Barat.

Dengan penyediaan fasilitas tersebut, tenaga medis bisa lebih efektif dan mengurangi potensi penyebaran virus ke keluarga masing-masing.

“Semuanya ditanggung oleh P4TK BMTI. Penggunaan wisma sebagai penginapan paramedis mereka yang menawarkan, dan itu sangat membantu pemerintah daerah,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini, Rabu 8 April 2020. 

Lokasi wisma berada di Jalan Pasantren Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Untuk tempat istirahat dan menginap tenaga medis, disediakan 24 kamar dengan 60 tempat tidur. Semua keperluan bagi paramedis pun disediakan pihak P4TK BMTI. Fasilitas wisma tempat istirahat dan menginap membuat tenaga medis tak perlu pulang ke rumah masing-masing. “Membuat pergerakan paramedis menuju rumah sakit lebih efisien, mereka tidak perlu pulang ke rumah setiap hari. Prosedurnya juga agak ketat dan akan beresiko kalau mereka harus kontak dengan orang-orang di rumah setelah menangani pasien positif COVID-19,” katanya. 

Selain menyediakan wisma untuk paramedis, P4TK BMTI juga menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer kepada Pemerintah Kota Cimahi. Bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri saat menangani pasien COVID-19.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna menyatakan terima  kasih kepada seluruh jajaran P4TK BMTI atas bantuan yang diberikan.”Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini telah turut serta membantu serta berupaya dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Cimahi,” ungkapnya. “Alhamdulillah ruangan yang disediakan cukup layak dan semoga bisa dimanfaatkan oleh para petugas medis tim COVID-19 Kota Cimahi,” jelasnya.

Kepala P4TK BMTI Supriyono, M.Si mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud apresiasi, kepekaan serta kepedulian P4TK BMTI terhadap sesama terutama masyarakat Kota Cimahi.

“Semoga dapat mendorong terwujudnya kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dalam kehidupan masyarakat di Kota Cimahi,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan P4TK BMTI, berupa 3000 tube hand sanitizer 100 ml, 15.000 lembar surgical mask, 50.000 butir Vitamin C, 50.000 butir Vitamin E, 50 liter desinfektan, serta 5 unit termometer infrared.

Koordinasi Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Cimahi dengan PPPPTK BMTI

P4TK BMTI juga menawarkan penginapan bagi tim medis gugus penanganan COVID-19 yang kesulitan tempat tinggal. Hal ini sesuai instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar jajaran bisa berkontribusi dalam penanganan kasus COVID-19 di wilayah masing-masing. (PR)

Beri penilaian untuk berita ini!