Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Online

Seiring dengan perkembangan jaman maka bahan ajar tidak semata hanya dalam bentuk modul ataupun buku. Saat ini banyak bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan media pembelajaran secara online, salah satunya adalah media pembelajaran online berbasis website pendidikan/situs belajar online. Rumah Belajar adalah contoh media pembelajaran online berbasis website pendidikan yang saat ini sudah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemanfaatan teknologi media online dalam pembelajaran diharapkan membawa perubahan pula pada pendekatan mengajar dan belajar. Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi (media online) tersebut, pembelajaran dapat dibuat menjadi jauh lebih menarik, efektif dan efisien jika dirancang dengan baik. 

PPPPTK BMTI memiliki tugas untuk melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di Bidang Mesin dan Teknik Industri. Dengan tugas tersebut maka salah satu misi PPPPTK BMTI adalah memperluas keterjangkauan layanan fasilitasi pengembangan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. 

Sehubungan dengan hal tersebut maka PPPPTK BMTI mengembangkan model pembelajaran berbasis online. Dalam mendukung pelaksanaan  diklat yang dilakukan secara online maka dilaksanakan Workshop 2 Penyusunan Media Pembelajaran Online Modul-modul SMK Teknologi dan Rekayasa Berbasis SKKNI pada tanggal 26 November s.d 30 November 2019 di PPPPTK BMTI. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Online. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membuat isi pembelajaran secara online dengan menggunakan media video dan infografis, sehingga diharapkan tersedianya video-video dan infografis yang merupakan salah satu media dalam menyampaikan pembelajaran.

Strategi Pelaksanaan Kegiatan :

  1. Pengumpulan Bahan Penyusunan Video;
  2. Penyusunan Video Pembelajaran;
  3. Reviu dan Edit Video.

Beri penilaian untuk berita ini!